Beranda » Security »

Awas Situs Palsu Google dengan Alamat yang “Sama”

Lihat lah dua tautan berikut : ɢoogle.com (jangan diklik) dan Google.com.  Apakah Anda melihat sesuatu yang berbeda? Jika Anda perhatikan, huruf G yang digunakan berbeda antara yang pertama dengan yang kedua.

Alamat pertama menggunakan karakter sepesial “ɢ” untuk menirukan huruf “G” pada situs google.com. Artinya, situs tersebut mencoba meniru akses ke situs Google. Jika kita perhatikan status tautan pada browser di bagian bawah, ia akan membawa Anda ke alamat xn--oogle-wmc.com (jangan diklik).

Jika Anda klik tautan pertama, Anda akan dibawa ke landing page dengan url “super nyampah” yang berisi opsi berbagai tautan mesin pencarian. Memang isi web tidak bermaksud meniru halaman dari berbagai produk Google. Tapi ada beberapa hal yang cukup menarik dan perlu kita cermati dari kejadian ini.

fake google site

Yang perlu kita waspadai adalah, hacker jahat dapat menipu Anda menggunakan domain khusus dengan karakter spesial untuk menirukan alamat situs penting, semisal akun bank. Begitu Anda dibawa ke halaman depan tiruan (metode pissing), aktivitas Anda ketika menginput username dan password akan terekam. Jika itu terjadi, habislah Anda.

Bacaan lanjutan:
http://thenextweb.com/google/2016/11/21/google-isnt-google/

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube