Beranda » Gadget »

Awas, Aplikasi Gratisan Bikin Boros Baterai

Anda melihat judulnya, dan mungkin terkesan provokatif. Tapi, penelitian terkini dari Universitas Purdue, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa aplikasi gratisan memang banyak menyedot sumber daya baterai smartphone Anda.

empty-battery

Peneliti mencoba game Angrybirds versi full dan gratisan. Aplikasi inti dari game ini sendiri hanya menghabiskan 18% tenaga baterai. Yang mengejutkan, 65% sampai 75% energi dihabiskan hanya untuk modul iklan di smartphone Anda.

Apa hanya gara-gara iklan, sehingga begitu menguras tenaga smartphone? Jawabannya YA. Beberapa iklan mengaktifkan modul GPS untuk mengetahui di mana lokasi Anda, selanjutnya iklan akan didownload mengikuti lokalitas di mana Anda menggunakan smartphone.

Selain boros baterai, koneksi yang digunakan untuk mendownload iklan juga menghabiskan pulsa Anda. Saran kami, non aktifkan berbagai perangkat yang tidak digunakan oleh smartphone Anda.

Developer aplikasi juga tampaknya harus mempertimbangkan cara beriklan yang lebih efisien. Atau, Anda harus mengeluarkan kocek untuk membeli aplikasi full untuk environment yang lebih hijau. (geek.com)

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube