Beranda » Biz-Startup »

AMD Capai Target Pendapatan Berkat Penjualan Mesin Console

Di tahun 2012 kemarin kita cukup dikejutkan dengan pernyataan petinggi AMD bahwa mereka akan melepaskan persaingan dengan Intel di pasar desktop. Para pengguna komputer tentunya cukup dikecewakan dengan pernyataan tersebut, karena itu berarti Intel akan memulai monopoli chip mereka di pasar desktop.

Namun dalam laporan terbaru AMD mengenai pendapatan perusahaan pada quarter keempat tahun 2013, justru mereka berhasil melampaui target profit perusahaan.

AMD sepertinya harus berterima kasih atas dirilisnya console Xbox One dan PS4 di pasaran. Kedua mesin console tersebut menggunakan chip AMD untuk dapur tenaganya. Belum lagi penjualan kartu grafis Radeon terbaru mereka yang terbilang sukses di pasaran.

Kantor AMD

Pada quarter keempat akhir 2013 kemarin, AMD melaporkan pendapatan keuntungan sebesar $1.59 miliar. Data statistik AMD tersebut meningkat 9% dari quarter ketiga tahun 2013, dan juga melonjak 38% dari tahun 2012. Angka ini memang belum bisa mengembalikan AMD ke masa jayanya dulu di tahun 2010-an berkat jajaran produk prosesor Athlon.

Namun yang dapat kita pelajari dari hal ini adalah, kepintaran strategi AMD dalam membaca trend pasar. Kecemerlangan Intel merajai pasar desktop tidak mampu dimanfaatkan dengan maksimal, mengingat bisnis mereka di pasar prosesor mobile terbilang mengecewakan.

Kini waktunya menjalani tahun 2014, kita tentunya menantikan manuver apa lagi yang akan dikeluarkan oleh AMD. Intel tentunya tidak akan tinggal diam melihat AMD semakin merajarela di pasar console. Belum lagi pasar mobile masih menjadi ladang luas untuk pertempuran keduanya.

Sumber:
ExtremeTech

Tags:

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube