Beranda » Biz-Startup » Internet »

Agustus Mendatang, Domain *.ID Siap Dipasarkan

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia, atau biasa disingkat PANDI telah mengumumkan pada Desember 2013 lalu bahwa domain dengan ekstensi *.id kini siap dipasarkan di pasar domain Indonesia.

Sebelumnya penggunaan *.id tidak bisa diterapkan sebagai top level domain (TLD), dan PANDI hanya mengizinkan penerapannya di level kedua (SLD), seperti co.id, biz.id, dan sebagainya.

Pihak PANDI mengatakan bahwa pembukaan penjualan domain *.id bagi masyarakat umum pada 17 Agustus 2014 mendatang merupakan hadiah ulang tahun kemerdekaan bagi bangsa Indonesia yang ke-69.

Untuk yang sekedar iseng, bisa saja Anda gunakan domain TLD *.id untuk lucu-lucu-an, seperti membeli nama dasar-pel.id 😀 . Pastikan Anda tidak menggunakan domain tersebut untuk aktivitas ilegal, seperti membuat situs penipuan atau menyimpan berkas-berkas yang dilarang dalam undang-undang (pornografi dan barang bajakan).

dot-id-domain

Sayangnya harga yang ditawarkan cukup mahal, yakni Rp500.000 rupiah untuk sewa selama satu tahun. Bandingkan saja dengan domain TLD generik internasional yang selama ini kita kenal, seperti *.com, *.org, atau *.net dengan kisaran harga hanya Rp100.000.

Namun bagi Anda yang mementingkan brand, tidak ada salahnya Anda mengambil domain tersebut. Selain meningkatkan prestise brand dan perusahaan, pemilikan domain menunjukkan karakteristik Anda sebagai pengusaha lokal Indonesia dan Anda selangkah lebih maju dibanding kompetitor Anda.

Sampai saat tulisan ini dibuat, belum ada persyaratan yang dipajang di situs PANDI untuk membeli domain *.id tersebut. Kita tunggu saja bagaimana persyaratan yang diberikan, dan mudah-mudahan tidak terlalu rumit dan berbelit.

Tags:

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube