Beranda » Gadget » How To »

8 Cara untuk Membuat Baterai iPhone Tahan Lama

Semua orang tahu jika menggunakan iPhone secara intensif akan cepat menguras tenaga baterai.

Penggunaan yang intensif tersebut di antaranya adalah menggunakan jaringan 3G serta menggunakan aplikasi yang memakan sumber daya tinggi, seperti games dengan grafis 3D ciamik.

Berikut ini kami berikan beberapa tips bagi Anda para pengguna iPhone agar baterai yang Anda pakai lebih tahan lama.

Kuncinya satu, nonaktifkan proses yang tidak terpakai pada iPhone sehingga tenaga baterai dialokasikan untuk hal yang lebih optimal.

iphone-battery

  1. Tips pertama, matikan fitur auto-brightness dan set pencahayaan rendah.
    Menggunakan fitur ini berarti mengaktifkan fitur pendeteksian kondisi cahaya lingkungan sekitar. Dengan mematikannya, Anda akan menghemat baterai Anda.
    Caranya, lihat menu Settings > Brightness & Wallpaper > lalu kurangi cahaya sampai level 10 atau 25 persen (tergantung kenyamanan Anda). Kelemahannya, layar sulit terlihat jika banyak cahaya di sekitar (outdoor).
  2. Nonaktifkan system Location services.
    Servis ini akan memberikan lokasi di mana Anda berada untuk memudahkan integrasi dengan aplikasi Google Maps, namun jelas menguras baterai karena menggunakan hardware GPS. Begitu pula dengan fitur iklan berbasis lokasi, selain menggunakan GPS, servis ini juga menggunakan koneksi data untuk mendownload berbagai iklan.
    Untuk mematikan servis ini, lihat menu Settings > Privacy > Location Services. Lihat ke bagian System Services, dan uncheck semua pilihan item.
  3. Nonaktifkan push email
    Jika Anda bukan tipikal orang yang bekerja secara intens dengan email, matikan fitur ini. Atur agar email didownload secara manual saja. Caranya, lihat bagian Settings > Mail, Contacts, Calendar > pada bagian Fetch New Data diatur agar Push menjadi Off. Geser ke bawah sedikit, pada bagian penjadwalan di set manual.
  4. Nonaktifkan WiFi dan bluetooth
    Perangkat Wi-Fi akan terus menscan jaringan apakah iPhone Anda ter-cover atau tidak. Jika Anda memang tidak berniat menggunakan WiFi, perangkat ini dapat Anda matikan. Begitu juga dengan bluetooth yang akan terus memancarkan sinyal radio ketika tidak digunakan. Untuk mematikannya, pilih menu Settings > Wi-Fi/Bluetooth > atur ke Off.
  5. Pilih WiFi ketimbang jalur koneksi data via 3G/4G/LTE
    Alasannya sederhana, terkoneksi via perangkat 3G lebih menguras baterai ketimbang perangkat WiFi.
  6. Nonaktifkan mode getar
    Mode ini memang berguna ketika Anda berada pada lingkungan yang sangat berisik, sehingga ringtone nada iPhone Anda tidak akan terdengar. Mode ini juga berguna ketika Anda membutuhkan suasana yang sangat tenang, semisal lagi meeting atau beribadah. Namun jika Anda sedang berada dalam kondisi normal, ada baiknya Anda menggunakan mode suara karena fitur getar cukup menguras baterai. Caranya, lihat bagian Settings > Sounds. Atur pilihan Anda di sana.
  7. Nonaktifkan koneksi via 4G (dan LTE)
    Jika tidak membutuhkan aplikasi yang menggunakan bandwidth tinggi, seperti streaming video atau tethering koneksi, lebih baik Anda matikan fitur ini karena sangat cepat menguras baterai. Caranya, klik menu Settings > General > Cellular > atur menu Enable 4G (or Enable LTE) menjadi off.
  8. Selalu update software iPhone Anda
    Menggunakan OS versi terkini yang diberikan oleh vendor tentunya akan memberikan banyak perbaikan, termasuk meminimalisir hasil koding dan compile yang tidak efisien dari berbagai program bawaan iPhone.

Gambar diambil dari kompyuteran.com

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube