Beranda » Internet »

25 Tahun Ulang Tahun Format GIF

dancing-bananaAnda mungkin tidak tahu bahwa tanggal 8 Desember kemarin merupakan hari ulang tahun format gambar GIF. Akronim GIF sendiri merupakan kependekan dari Graphics Interchange Format, format gambar yang sudah berlangsung selama 25 tahun. Sampai sekarang, format tersebut masih bertahan dan digunakan oleh banyak orang di internet dan di komputer sebagai meme.

Bermula di tahun 1987, GIF diluncurkan dengan format gambar “87A” oleh Steve Whilhite. Format tersebut memungkinkan sebuah gambar dengan maksimal kapasitas warna sebanyak 256 serta dapat memiliki banyak frame yang dapat berputar berulang (loop). Karena dapat menampilkan animasi yang menarik, GIF sering digunakan pada profil MySpace atau Friendster.

Video di atas merupakan sejarah dari file gambar GIF dalam bentuk video stopmotion. Sangat menarik untuk disimak karena menampilkan berbagai detail mengenai file GIF, termasuk informasi kedalaman warna. GIF memang kurang baik untuk digunakan sebagai format gambar kaya warna. Namun, GIF tetap menarik untuk menampilkan gambar animasi tanpa add-ons tambahan browser.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube