Beranda » Biz-Startup »

10 Keahlian yang Akan Anda Butuhkan di Dunia Kerja Pada Tahun 2020

Video singkat yang dipaparkan oleh World Economic Forum (WEF) ini berisi gambaran singkat mengenai 10 keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2020 mendatang.

WEF sendiri merupakan organisasi internasional independen non-profit yang bergerak di bidang ekonomi-politik, bisnis, akademik dan sektor global lainnya.

Bermarkas di Genewa, Swizz, WEF melakukan berbagai kegiatan kolaborasi untuk mendefinisikan berbagai tantangan global dan regional, serta berbagai agenda industri yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Mereka memiliki agenda tahunan berupa pertemuan global dan regional yang membahas berbagai isu industri dan komunitas yang berorientasi masa depan.

Berikut ini 10 keahlian tersebut:

  1. Cognitive Flexibility
    Fleksibilitas kognitif merupakan kemampuan manusia untuk menyesuaikan strategi pengolahan kognitif untuk menghadapi kondisi baru dan tak terduga di lingkungannya.
  2. Negosiasi
    Merupakan proses diskusi antara beberapa pihak dengan berupaya untuk mengakomodir berbagai kepentingan.
  3. Service Orientation
    Gaya arsitektur sistem yang membuat dan menggunakan proses bisnis dalam bentuk paket layanan sepanjang siklus hidupnya.
  4. Judgement and Decision Making
    Membuat penilaian dan melakukan keputusan terhadap suatu hal. Harus dilakukan dengan cermat karena melibatkan banyak pihak dan beresiko tinggi.
  5. Emotional Intelegence
    Kemampuan untuk mengerti akan pengendalian emosi seseorang, untuk menangani hubungan interpersonal secara bijaksana dan empati.
  6. Co-ordinating with Others
    Kemampuan untuk bekerja dengan orang lain berdasarkan alur kerja (work flow); untuk mengarahkan orang lain dalam berbagai tugas rumit dan menyediakan pendampingan dalam upaya untuk mencapai tujuan bersama.
  7. People Management
    Salah satu bidang manajemen, yakni upaya untuk melatih, mengembangkan, dan memotivasi tim agar dapat melakukan hal yang terbaik di bidang kerjanya.
  8. Creativity
    Kemampuan untuk mengolah berbagai potensi (semisal imajinasi dan kecerdasan) guna menghasilkan hal baru yang bermakna.
  9. Critical Thinking
    Berpikir secara jelas, rasional, berpikiran terbuka (bebas dari penilaian lain), berdasarkan bukti-bukti konkret.
  10. Complex Problem Solving
    Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang pelik, dengan solusi tepat guna.

Tags:

Bagikan tulisan ini

Tulisan yang berkaitan

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube